Manfaat Ginseng Jawa

Dari dulu sampai sekarang masyarakat masih banyak yang menggunakan tanaman obat tradisional sebagai obat alternatif. Sebagian besar tanaman obat tradisional ini bisa mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya ginseng jawa, yang mempunyai banyak khasiat.


Ginseng Jawa termasuk ke dalam famili portulacaceae, ada yang menyebut Som Jawa. Ginseng Jawa ini dapat ditanam selain sebagai tanaman obat juga dijadikan sebagai tanaman hias.
Di indonesia, terdapat tanaman yang secara morfologi dan kandungan kimia sama dengan Ginseng Cina. Son Jawa dan Kolesom dikenal sebagai Ginseng Jawa, dalam pengobatan tradisional diramu menjadi berbagai macam dan yang paling terkenal dalam bentuk anggur. Untuk menjadikan Som Jawa dan Kolesom sebagai Ginseng Indonesia, telah dilakukan penelitian khasiat dan keamanan berdasarkan uji toksisitas akut. Jadi, kita tidak akan merasa khawatir lagi bila menggunakan Ginseng Jawa ini sebagai obat tanpa mengabaikan aturan penggunaannya sesuai dengan anjuran.
Pemberian ekstrak Som Jawa dapat memperpanjang wajtu muali dari tidur dan menambah kebugaran, pemberian ekstrak kolesom dapat menaikkan jumlah dan motilitas spermatoza, menaikkan kadar testosteron dan menambah kualitas lapisan spermatogesis tikus putih.
Akar bersifat manis dan netral yang berkhasiat menguatkan paru, tonikum dan afrodisiak. Sedangkan daunnya berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Setelah dicuci, akar lalu dikukus baru dikeringkan untuk penyimpanan. Akar berkhasiat untuk mengatasi badan lemah, nyeri lambung, diare, ngompol, haid tidak teratur, keputihan dan memperlancar ASI.
Daunnya berkhasiat untuk bisul dan kurang nafsu makan. Akar Som Jawa yang telah dikeringkan sebanyak 30 - 60 gr direbus, lalu air rebusan tersebut diminum. Untuk pemakaian luar, daun Som Jawa segar dicuci lalu dipipis, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk penyakit lemah syahwat, akar Som Jawa sebanyak 50 gr diiris tipis-tipis seduh dengan 3/4 cangkir air panas. Tambahkan sedikit brem. minum selagi hangat.
Daun som jawa segar secukupnya ditumis, lalu dimakan sebagai sayuran. Untuk mengobati bisul, daun Som Jawa segar dicuci, tambahakn gula merah secukupnya lalu digiling halus. Tempelkan pada bisul lalu dibalut.
Akar segar sebelum dipakai utuk pengobatan atau dikeringkan untuk penyimpanan, harus dkukus terlebih dahulu. Pemakaian akar segar secara langsung bisa menyebabkan diarw. Komposisi daun mengandung soponin, flavonoida, dann tonin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar