Kegilaan terhadap Facebook

Kita semua sudah melihat bagaimana menggilanya Facebook. Kehebatan facebook merupakan satu fenomena terhadap kegiatan manusia di dunia komputer, apalagi untuk kondisi Indonesia. Jaringan sosial komputer ini sebetulnya sudah berkembang dalam 8 tahun terakhir, dimulai dengan friendster di Asia dan MySpace di Amerika, tapi entah kenapa tiba-tiba Facebook menyalip semua program sejenis dengan menggaet pelanggan terbanyak.


Khusus di Indonesia, Facebook tidak saja mempunyai 3 juta-an lebih anggotanya, tetapi juga mendongkrak angka penjualan perangkat sejenis Blackberry yang tadinya terlalu mahal untuk kantong rata-rata orang Indonesia. Selain mendongkrak penjualan Blackberry, Facebook di Indonesia juga mendongkrak pengakses Internet,

sehingga diperhitungkan akan ada tambahan lebih dari 10 juta pengakses internet hingga akhir tahun ini.
Kombinasi Blackberry dengan Facebook betul-betul harus disikapi dengan sangat bijaksana, karena pola hidup manusia Indonesia akan segera berubah dengan kehadiran perangkat dan solusi ini.
Nick Burcher pencetus satu institusi VivaKi Nerve Center di London melakukan pekerjaan yang sangat rajin, yaitu mengumpulkan data tentang kemajuan satu negara untuk mengantisipasi penggunaan facebook. Dari 27 negara yang Nick cermati selama tiga bulan dari Desember 2008 sampai Maret 2009, dia menemukan angka yang fantastis tntang Indonesia, karena peningkatan pemakai Facebook dalam tiga bulan itu mencapai angka 149,3%, nomor satu dari 27 negara didunia.
Ada 2.236.380 anggota Facebook yang dicatat NIck Burcher (dan akan terus bertambah). Meski angka itu masih tergolong kecil jika dibanding dengan populasi Indonesia yang 230 Juta, juga masih kecil jika dibandingkan dengan pengguna Facebook di Amerika yang mencapai 55.329.460 anggota, tetapi angka peningkatan yang nyaris tiga kali lipat (150%) itu yang membuat kita harus belajar dan mulai mengatur strategi untuk tetap melanjutan peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia.
Teknologi Blog yang sebelumnya diprediksi bakal akan meledak ternyata disalip oleh teknologi jejaring sosial yang merupakan gabungan dari semua teknologi yang ada, sperti peletakan foto di internet (Flickr), posting dan membuat catatan kecil untuk teman-teman (Blogger, wordpress, multiply) dan interaksi manusia dengan manusia lainnya di Jaringan dunia alias Internet.
Paradigma lain yang juga harus dilihat dan kita kaji, yaitu tersedia nya sau perangkat komputer yag "Friendly" dan mudah digunakan oleh berbagai kalangan, semudah menjalankan ponsel atau kalau memungkinkan seperti menggunakan perangkat televisi dan radio.
Semua ini menunjukkan bahwa kita sedang mencari solusi unggulan untuk merakyatkan penggunaan TIK.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar