Naif, berawal dari kamar.


Packaging dan design cover cd yang unik, dengan menggunakan bahan hard cover, membuat album Naif kali ini bisa menjadi barang koleksi yang unik. Gak cuman dikover, permainan foto dengan sentuhan efek antariksa menjadikan album ini gak sekedar manis untuk diperdengarkan tapi juga memanjakan mata. Yup, 11 single dan satu single bonus termuat dalam album baru Naif bertajuk "Planet Cinta".



Masih mengusung tema percintaan, David, Pepeng, Jarwo dan Emil menceritakan dalam berbagai versi. Mulai dari kisah sedih, romantis dan gak bahagia dibalut dengan akrakter musik Pop Rock Retro ala mereka. Arcade Fire, The Strokes, The Smashing Pumpkins sampai Van Halen menjadi inspirasi Naif di Album ini. Semakin banyak inspirasi bagi David cs menjanjikan bebunyian yang yahud membuat album ini menjadi lebih berwarna. Penampilan khusus Krisna Prameswara, Oni Krinerwinto & SaUnine, Priscilla Jamail juga turut mewarnai beberapa single album ini.

Berbeda dengan album-album sebelumnya, perilisan album Planet Cinta dilalui tanpa acara launching. Hanya melalui pengumuman di situs resminya www.naifband.com tertanggal 4 Februari 2011. Single "Karena kamu cuma satu" yang terlbih dahulu keluar dengan jeda waktu yang cukup lama membuat tak ada persiapan untuk mengadakan acara perilisan album. Meski demikian, Tahun ini ada acara nesar yang bakal diselenggarakan Naif, yakni mengadakan konser tunggal. Ada yang unik di Album Naif kali ini. Karakter Retro dan ngocol personilnya melalui beberapa album sebelumnya sepertinya mulai ditinggalkan. Penampilan mereka kini lebih sederhana dengan tonjolan karakter maskulin dari David.
Selain merilis album baru, dengan waktu yang bersamaan band ini juga merilis sebuah komik berjudul Naif dan Mesin Waktu. Dalam hal bacaan, Komik yang segera dirilis bukan yang oertama kali. Sebelumnya, dengan kemampuan ngelawak personilnya, Naif pernah merilis sebuha buku humor berbentuk pertanyaan kocak. Satu lagi, karena permintaan Fans, Naif juga merilis Radio Online yang mereka namai Radio Antik.

Berawal dari kamar
Naif sendiri sebuah band yang dibentuk oleh 3 anak IKJ (Institut Kesenian Jakarta) jurusan seni rupa yang awalnya iseng genjrang-genjreng di kamar. Terinspirasi salah satu acara musik yang menampilakn band favorit mereka Nirvana tampil secara Unplugge ide untuk nge-band pun kemudian muncul. Dari kamar, studio latihan mencoba eksis dari panggung ke panggung. pengalaman ini yang sempat dilalui Naif pada awal karirnya.
Hebatnya dalam setiap kali manggung, David Cs sering membawakan lagu sendiri ketimbang orang lain. Meski saat itu tak banyak yang tahu lagu mereka, dengan konsistensi dan eksistensi mereka mengulang-ulang lagu mereka saat manggung, nama Naif pun kemudian mulai dikenal dengan single andalan Piknik 72, Benci Libur dan sebagainya.

Dari sini Naif kian dikenal dan seakan mendapat jalan menuju kesuksesanya sendiri. Berkat informasi darisebuah teman, Pepeng, mencoba peruntungan dengan mengirim single demo kesebuah label besar untuk masuk dalam sebuah album kompilasi. cerita dimulai dari kegagalan single naif masuk dalam album kompilasi. Alih-alih sebuah berita buruk, kegagalan ini dikarenakan pihak label ingin mengontrak Naif dalam bentuk album full.
Tahun 1998 Naif merilis album perdananya "Naif" (Self Title). Disaat industri musik Indonesia sedang digempur trend musik pop dan Rock, Naif berhasil tampil dengan mengawinkan dua genre musik tersebut bahkan dengan rambahan unsur rock n roll yang masih original. saking original, musik Naif kemudian kerap dikaitkan dengan musik era 70an. Penampilan personil yang kerap berpakaian 70an, mempertegas karakter musik yang mereka mainkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar