Latar Belakang terjadinya Peristiwa Isra' dan Mi'raj

Kita baru aja ngelewatin peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 29 juni tadi. kira-kira ada yang tau gak Peristiwa Isra dan Mi'raj itu apa sebabnya? baiklah disini kita akan sama-sama menyimak Latar belakang terjadinya Isra' dan Mi'raj, Historinya, dan penjelasan secara ilmiah oleh Prof. Achmad baiquni. Biar Iman kita tetap teguh dan kuat. Amin !

Latar Belakang terjadinya peristiwa Isra' dan Mi'raj
Adapun terjadinya peristiwa Isra' dan Mi'raj adalah dikarenakan bumi merasa bangga terhadap langit. berikut ceritanya :

Berkatalah Bumi kepada langit, "Hai langit, aku lebih baik dari kamu karena Allah SWT telah menghiasi aku dengan berbagai negara, laut, sungai-sungai, tanaman, gunung-gunung, dll".

Langit tidak mau tinggal diam, dia pun berucap, "hai bumi, aku juga lebih elok darimu karen matahari, bulan, bintang-bintang, beberapa falah, buruj, 'arasy, kursi dan syurga ada padaku."
Berkata bumi,"Hai langit, ditempatku ada rumah yang dikunjungi dan untuk berthawaf yaitu baitullah oleh para nabi, para utusan dan arwah para wali dan solihin."

Bumi berkata lagi,"Hai langit, sesungguhnya pemimpin para nabi dan utusan bahkan sebagai penutup para nabi dan kekasih Allah seru sekalian alam, seutama-utamanya segala yang wujud serta kepadanya penghormatan yang paling sempurna itu tinggal ditempatku. Dan dia menjalankan syari'atnya juga ditempatku."
Langit tidak dapat berkata apa-apa lagi, setelah bumi berkata seperti itu. Langit mendiamkan diri dan menghadap Allah SWT dengan berkata "Ya Allah, engkau telah mengabulkan permintaan orang yang tertimpa musibah, apabila mereka berdoa kepada engkau. Aku tidak dapat menjawab soala bumi, oleh karena itu aku meminta kepada-Mu ya Allah supaya Muhammad Engkau dinaikkan kepadaku sehingga aku menjadi mulia dengan kebagusannya dan berbangga".

Lalu Allah SWT mengabulkan permintaan langit, kemudian Allah SWT memberi wahyu kepada jibril As pada malam tanggal 27 rajab, "Janganlah engkau (JIbriL) bertasbih pada malam ini dan engkau 'Izrail jangan engkau mencabut nyawa pada malam ini". Jibrail as bertanya , "Ya Allah, apakah kiamat telah sampai?" Allah SWT Berfirman, "Tidak wahai JIbril, tetapi pergilah engkau ke surga dan ambillah buraq dan terus pergi kepada Muhammad dengan buraq itu".

Kemudian Jibril as pun pergi dan dia melihat 40.000 buraq sedang bersenang-senang di taman surga dan di wajah masing-masing terdapat nama Muhammad. diantara 40.000 buraq itu, JIbril As terpandang pada seekor buraq yang sedang menangis bercucuran airmatanya. Jibril As menghampiri buraq itulalu bertanya,"mengapa engkau menangis, ya buraq?". Berkata buraq, "Ya Jibril, sesungguhnya aku telah mendengar nama Muhammad sejak 40 tahun, maka pemilik nama itu telah tertanam dalam hatiku dan aku sesudah itu menjadi rindu kepadanya dan aku tidak mau makan dan minum lagi. Aku seperti dibakar oleh api kerinduan."
Berkata Jibril as, "Aku akan menyampaikan engkau kepada orang yang engkau rindukan itu". Kemudian Jibril as memakaikan pelana dan kekang kepada buraq itu dan membawanya kepada Nabi muhammad SAW. Buraq yang diceritakan inilah yang membawa Rasulullah SAW dalam perjalanan Isra dan MI'raj.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar