El Jomblo, Party Parade

Dalam dunia Indie (Indipenden Label) setiap musisi punya kebebasan dalam berkarya, tidak ada norma-norma pasar yang harus diperhitungkan seperti layaknya berada dibawah payung label dengan segala aturan kontrak.
Di Kalimantan timur khususnya samarinda nih, tempat tinggal ku, ada beberapa band yang telah berada di bawah mayor label dengan mengawali perjalanan mereka lewat jalur indie dan ada juga diantaranya masih terus berjuang mencari kesempatan menuju langkah sukses.


Salah satunya band indie satu ini yang akan kita gali lebih mendalam tentang musik mereka. Berikut wawancara dengan El-jomblo band asal Samarinda seperti yang dikutip dari majalah Emusikaltim.


Emusikaltim :Sebenarnya apa arti "El jomblo"?
Eljomblo: Arti el jomblo sebenernya diambil dari filosofi kata "jomblo" yang biasanya berarti orang tu bebas dan ceria. Nah gitu juga dengan el jomblo, kita pengen musik kita bisa didenger kalangan mana aja dan kita ngasih suguhan musik yang ceria dan deket dengan cerita" anak muda.

Emusikaltim : Mulai tahun berapa berdiri dan siapa aja personil terakhir el jomblo?
Eljomblo :el jomblo mulai terbentuk agustus 2006. Personil terakhir : bonita dio praika (vocal) Hario jati setiadi (bass), M. Khalil Afif (gitar lead), Arbianto Samsul (Gitar ritem) dan Wahyu aditya (dram)

Emusikaltim :Kabarnya kalian merilis album "Party Parade" Bagaimana dengan genrenya?
Eljomblo :Yup, kami launching di Plaza Mulia tanggal 29 Mei 2011 yang lalu, untuk album yang sekarang el jomblo lebih mengonsep musik "power pop", berbeda dengan album sebelumnyayang lebih ke alternative pop.

Emusikaltim : Berapa lama merampungkan album party parade?
Eljomblo :Pengerjaan album kurang lebih satu tahun. Mulai dari shooting klip+editing, recording lagu+mixing/mastering.

Emusikaltim :Ceritain dong bagaimana konsep musik el jomblo?
Eljomblo : Konsep musik kita lebi musik yang simple tapi dengan lirik yang terkonsep. Untuk influence lebih ke band" luar negeri seperti all time low dan paramore.


Emusikaltim : Mengapa memilih titel album "Party Parade"?
Eljomblo :Memilih "Party parade" kita ngambil filosofi dai "party" yang artinya "pesta". Karena awalnya album ini dibuat untuk merayakan ulang tahun el jomblo. dan kita menganggap perjalan membuat album ini adalah pesta karena kita membuatnyatanpa beban dan penuh dengan bersenang-senang. Kita ga terbebani dengan konsep tertentu atau tuntutan untuk membuat album yang perfect, kami melakukannya sesuai kesenangan kami. Kami suka, Kami mainkan.

Emusikaltim : Ceritai secara singkat bagaimana konsep video klip el-jomblo ? apa sebenarnya pesan yang ingin el jomblo sampaikan.
Eljomblo : Untuk konsep 50% dari eljomblo 50% dari director. Kami hanya memberikan gambaran visual dari lirik-lirik lagu, sedangkan director mengembangkannya ke sebuah konsep yang mengacu pada sebuah "story line". Talentnya pun diambil dari temen-temen kita sendiri, Agar disaat shooting bisa lebih fun dan ga risih karena kan itu semua temen-temen sendiri. Sebenernya tujuan kami membuat klip agar penikmat musik bisa lebih mengerti apa tujuan dari lirik yang kami buat, singkatnya biar "lebih nyampe". Karena menikmatinya dari sisi visual jadi akan lebih mudah. dan supaya mereka bisa mengenal sosok musisi yang memainkan lagu itu. dan pertimbangan lain melakukan promosi lewat dunia maya akan lebih efektif jika menggunakan video.


Emusikaltim : Sejauh ini bagaimana eljomblo menilai musik kaltim, terutama musik yang bergenre sama dengan eljomblo?
Eljomblo :Menurut kami musik kaltim oke banget. perkembangannya jauh diatas provinsi" lain di wilayah tengah dan timur Indonesia. Lagu-lagunya juga keren-keren. Idealisme dalam bermusik, serta pengetahuan musisi" kaltim ga usah diragukan lagi. Cuman masih kalah nasib kali yee ama anak" pulau seberang. Secara kualitas band kaltim ga perlu diraguin lai. dan untuk antusiasme dalam dunia musik bisa dilihat sendiri dari jadwaldi studio-studio rental, jadwal" distudio recording, peserta" di festival, dll yang kita semua tau sangat diminati. Dan saat ini sudah banyak band" jadi pembuka jalan bagi musisi" lainnya. Bagi band" yang memiliki genre sama dengan kita, ayo sama" berkompetisi dengan sehat dengan menghasilkan karya" terbaik. Masalah mirip atau apalah , no problem. Yang mendengar yang akan memilih, musisi tugasnya hanya berkarya sebaik-baiknya.

Emusikaltim ; pertanyaan terakhir, apa nih plan eljomblo kedepan?
Eljomblo : Plan kami kedepan terus berusaha agar bisa mendapatkan jalan untuk meramaikan dunia musik Indonesai dan mengharumkan nama musisi Kaltim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar