Tips agar baterai bertahan lama


Kalau Anda seorang yang sering berada di luaran atau sering bepergian jauh, tentu ponsel dengan baterai yang tahan lama akan banyak membantu ketimbang ponsel yang cepat habis baterainya. Sangat merepotkan dan nggak efisien ketika Anda sedang sibuk, ponsel minta di charge bisa-bisa pekerjaan Anda terhambat. Nah, untuk itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar baterai bertahan lebih lama.

-          Matikan ponsel ketika di charge
Ketika Anda tidak sedang berada di jam sibuk, ketika ingin istirahat misalnya sebaiknya matikan ponsel ketika di charge. Dengan cara ini baterai ponsel lebih banyak menyimpan daya dan lebih cepat, Anda bisa buktikan sendiri.

-          Matikan ponsel ketika dilingkunan sinyal yang jelek
Ketika Anda berada di daerah sinyal yang kurangm baiknya matikan saja. Proses pencarian sinyal yang dilakukan ponsel sangat menghabiskan energy baterai. Jika memang tempat tersebut domisili Anda. Bisa gunakan sinyal booster atau penguat sinyal.

-          Jika nggak terpaksa, matikan vibrate
Jika memang tidak berada dilingkungan yang mengharuskna Anda menggetarkan ponsel kenapa harus menyeting vibrate seharian? Ini juga termasuk biang keladi mengapa baterai ponsel cepat habis.

-          Kurangi kontras dan brightness
LCD atau layar juga merupakan salah satu factor yang menybabkan baterai cepat habis. Kurangi kontras dan tingkat pencerahan ponsel, tentu saja kalau ada menu pengaturannya, biasanya di pengaturan tampilan.

-          Matikan fitur yang gak perlu
Contohnya dalam kasus ini adalah menghidupkan Bluetooth, tapi nggak sedang diguakan untuk mengirim data. Wifi hidup tapi Anda tidak sedang ingin online. Fitur flash on ketika siang hari atau menggunakan jaringan 3G smentara Anda tidak pernah menggunakan video call atau internet. Tentu hal tersebut mubazir bukan? Dalam kata lain, gunakan fitur yang benar-benar Anda butuhlan. Penggunaan jaringan GSM ketimbang 3G mampu menghemat baterai hingga 50 !

-          Matikan backlight
Cara ini mmang merepotkan. Anda harus mengubah-ubah setingannya. Ketika siang Anda bisa mematikan lampu backlight, namun tentu di malam hari Anda membutuhkannya. Namun hasilnya ampuh, ponsel mampu bertahan beberapa lama ketimbang backlightnya digunakan seharian cara ini opsional saja.

-          Cara pintas
Kalau Anda ingin jalan pintas, Anda bisa membeli ponsel yang tahan lama, yang terkenal adalah Phillips Xenium. Jenis ponsel ini ada yang mampu bertahan hingga 1 bulan standby ! Anda bisa perhatikan kapasitas baterai, pada spesifikasi ponsel lihat di baterai, semakin bsear nilai mAh-nya semakin besar kapasitas baterai tersebut. Hal ini tidak mutlak karena baterai dengan kapasitas besar belum tentu tahan lama, tergantung fitur ponsel tersebut dan management energinya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar