7 Hewan Cerdas di Dunia

Siapa mengira beberapa hewan ternyata memiliki kecerdasan menyamai manusia. Bila dilatih terus menerus mereka dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia. Berikut tujuh hewan cerdas Versi Q-fly On the site

7. Tikus
Jika kita menggemari film seperti Tom and Jerry, tentunya kita mengetahui kejahilan jerry mengganggu Tom. terlihat di film itu bahwa kucing ternyata lebih bodoh daripada tikus. Tapi itulah kenyataannya. Tikus adalah salah satu makhluk pintar nan cerdik yang populer digunakan sebagai binatang uji coba laboratorium. Tikus memiliki psikologgi yang hampir mirip dengan manusia. Mereka dapat merasa stress, sedih, gembira, bahkan menyesal. Tikus juga dapat bermimpi layaknya manusia dan mempelajari hal-hal yang baru. Kecerdasannya banyak digunakan untuk mengenali berbagai jenis makanan berbahaya, penyakit, bahkan ranjau darat ! Salah satu kemampuan yang mengesankan dari tikus bagi manusia adalah memecahkan labirin dengan kecepatannya, bahkan jarang sekali ada manusia bisa seperti itu.



6. Anjing Border Collie


Border Colli adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari Skotlandia, dan disebut-sebut sebagai anjing terpintar di dunia. Ditempat asalnya, anjing ini digunakan manusia untuk menggembalakan ternak. Border Collie dapat memecahkan masalah-masalah rumit yang ditemui saat menggembalakan ternak. Menggembalakan ternak adalah hal yang sulit bagi manusia yang tidak terbiasa, namun border collie dapat mempelajarinya dengan cepat. Anjing ini juga sering dipakai dalam pelacakan dan bantuan untuk bencana alam yang sulit untuk dilacak dengan teknologi. Penciuman dan intuisinya yang luar biasalah yang membuat anjing ini menjadi berguna bagi manusia.

5. Gurita
Semua jenis cumi atau makhluk bertentakel diketahui memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, tapi untuk gurita adalah luar biasa! Makhluk kedalaman laut ini memiliki otak yang cukup besar dengan sensor syaraf yang memungkinkan bagi mereka untuk berpikir secara cepat. Dari berbagai percobaan yang diberikan ilmuwan, misalnya menaruh kepiting di dalam toples, gurita dapat membuka dan menangkapnya. Tidak itu saja, masih ingat dengan gurita Paul, ketika ia mampu meramal pertandingan Final piala Dunia 2010 antara Belanda vs Spanyol. Gurita terbesar yang oernah ditemukan seberat 273 kilogram dan rentang tubuh mencapai 30 meter !

4. KakaTua Abu-abu Afrika

kakatua yang biasa kita tau hanya dapat menirukan perkataan manusia, ternyata kakatua bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. tentunya hal itu perlu latihan terlebih dahulu. Para ilmuwan yang meneliti mereka mengatakan bahwa kakatua ini adalah kakatua terpintar didunia atau burung tercerdas didunuia. Kakatua ini dapat mengenali puluhan pertanyaan yang berisi kata-kata rumit, mengenali belasan warna, macam-macam bentuk, dan nilai-nilai numerik yang disajikan. Para ilmuwan yakin burung ini dapat dikembangkan untuk penelitian yang lebih mengagumkan lagi.

3. Gajah
Dari semua jenis gajah yang ada diseluruh dunia ini, baik itu gajah pigmi maupun gajah raksasa, diyakini memiliki berbagai macam indera yang tajam, terutama pendengaran dan memorinya. otak gajah merupakan otak terbesar dari semua makhluk hidup darat saat ini. Kemampuan memori gajah dapat dibuktikan dari bagaimana mereka mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka, mengingat anggota satu koloni, dan kemampuan merkea membedakan panggilan untuk masing-masing gajah lainnya. Gajah bahkan dapat memanggil gajah lainnya dalam jarak berkilo-kilo meter dengan suara teriakan, suara terompet, atau dengan panggilan melalui hentakan kaki mereka ke tanah.
Gajah pun memiliki psikologi yang hampir mirip manusia, mereka dapat tertawa, menangis, dan marah. Tidak heran gajah banyak dijadikan lambang kebijaksanaan oleh beberapa buadaya tua didunia, Disekolah gajah di Lampung, gajah dilatih untuk dapat mengenali berbagai bentuk, melakukan atraksi, dan bahkan gajah lainnya.

2. Lumba-lumba hidung botol

Keluarga mamalia laut memang terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. mereka mudah dijinakkan dan dilatih manusia. diantara banyak mamalia laut yang cerdas tersebut, lumba-lumba hidung botol adlah yang paling cerdas. Otak lumba-lumba jenis ini lebih besar daripada otak lumba-lumba lainnya. selain itu, mereka dapat memiiki koteks serebral 40 % lebih besar daripada manusia. Korteks serebral adalah wilayah otak yang berfungsi untuk komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah, dan kecerdasan dalam menerima hal-hal baru.

1. Simpanse
Inilah juara Kita !

Binatang ini sangat populer di Hollywood sebagai "binatang film" paling laris selain anjing. simpanse adalah binatang primata tercerdas di dunia, dan para ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adlah binatang paling cerdas di dunia saat ini. Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon !

itulah 7 hewan tercerdas di dunia Versi Q-fly on the site

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar