Facebook berasal dari kamar asrama


Siapa yang nggak tau Facebook? Kalo nggak tau, udah pasti tuh orang kuper abis, atau bisa jadi baru dating dari luar angkasa. Situs ini sekarang jadi situs pertemanan paling terkenal di seluruh di dunia.  Mulai dari anak kecil, orang tua, artis, hingga politikus mengakses situs ini. Saking terkenalnya, Facebook sekarang sudah menggunakan 57 bahasa dunia.

FACEBOOK diluncurkan pertama kali 4 februari 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Eliiot Zuckerberg. Lelaki jenius ini lahir di New York, 14 Mei 1984 dan besar dalam keluarga normal di Dobss Ferry. Saat duduk di SMA Phillips Exeter Academy, Mark membuat program komunikasi antar karyawan kantor ayahnya yang membuka praktek dokter gigi. Setelah itu dia menciptakan program pemutar music (music player) Synapse. Dari gagasan tersebut, perusahaan besar Microsoft dan AOL meliriknya. Mereka berebut ingin merekrut Mark sebagai pegawai. Tapi keduanya ditolak mentah-mentah dengan alas an ingin kuliah.



Tahun 2003, dia menciptakan Coursematch, situs yang membiarkan mahasiswa memilih kelas berisi teman-teman yang diinginkan. Lalu terciptalah ide jaringan sosial facemash.com. sebenarnya ia sengaja menciptakan situs ini sebagai bentuk protes situs resmi Harvard yang tidak mencantumkan direktori khusus untuk foto mahasiswa. Menurutnya justru dengan adanya foto dan diri, seluruh mahasiswa bisa mengenal satu sama lain. Apesnya, Harvard minta stius ini ditutup. Mark diharuskan menghadap departemen pelayanan jaringan Harvard dan membayar denda. Karena dianggap membobol kemanan situs resmi Universitas.

Tapi dia nggak patah semangat, tahun 2004 dia membuat program “The Rome Of August” untuk mata kuliah sejarah. Dari program ini , setiap mahasiswa dapat mengirim informasi dan komentar satu sama lain. Hasilnya, belajar lebih cepat, praktis, dan mudah mengerti dibanding lewat buku biasa.
Berkat Programnya, Mark dan kawan sekelasnya mendapatkan nilai A (nilai terbaik sepanjang sejarah Harvard untuk mata kuliah sejarah.

Kejeniusan Mark melesat seperti roket. Dia meluncurkan facebook dari kamar asramanya di Harvard, 15 Februari 2004. Dalam waktu yang relative singkat, dua pertiga mahasiswa Harvard aktif di Facebook. Kemudian, banyak permintaan dari kampus dan sekolah lain untuk gabung di facebook. Puncaknya, empat bulan kemudian Facebook beranggota lebih dari 45 kampus dan sekolah di Amerika.

Sebenarnya ide original Facebook nggak datang ketika Mark kuliah di Harvard. Tapi, dia sudah memikirkannya ketika di SMA. Phillips Exeter Academy, tempat Mark sekolah, punya buku tradisi yang bernama “The Exeter Face book”. Nah, dalam buku ini setiap siswa dan komunitas sekolah mengisi biodata mereka secara bergilir satu sama lain. Dari situ, Mark membawa ide Face Book ke internet.

Karena niat, dia menggandeng Dustin Moskovitz dan Crish Hughes teman sekamarnya mengembangkan Facebook. Lalu dia membuat keputusan terbesar dalam hidupnya, berhenti kuliah. Mark yang pengangguran pindah ke Palo Alto, California. Berkat kegigihnnya, Pendiri PayPal, Peter Thile, dan Pendiri Napster, Sean Parker memberikan investasti pertamanya. Akhirnya, Agustus 2005, perusahaan Facebook resmi didirikan. Sayangnya, Mark mengembangkan perusahaannya sendirian, nggak bersama timnya lagi. Facebook berkembang sangat pesat. Saat ini tercapai 175 juta pengguna aktif yang mengakui jatuh cinta dengan aplikasi dan fasilitasnya. Facebook pun kebanjiran uang.

Tiba-tiba, teman sekelasnya Divya Narendra, Cameron Winklevoss, dan Tyler Winklevoss menuduh Mark meniru. Mereka mengklaim Mark mencuri ide mereka mulai dari design, rencana bisnis dan source kode. Apalagi menurut penjelasan mereka , Mark pernah disewa untuk menyelesaikan situs mereka, ConnectU. Sayangnya gugatan ini ditentang pengadilan.
Kontroversi seputar Facebook terus berlanjut. Friendster mengajukan tawarn membeli situsnya seharga 10 juta USD dan ditolak mentah-mentah. Yang paling mencengangkan dia menolak Viacom dan Yahoo! Dengan harga fantastis sebesar 1 milyar dollar Amerika. Berkat prestasinya, Time magaxine mendeklarasikan Mark dalam “100 orang paling berpengaruh”. Sedangkan Forbes mengklaim dirinya diposisi ke 321 dari 400 Orang terkaya di Amerika dengan total kekayaan yang sama dengan Oprah Winfrey sebesar 1,5 Milyar USD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar