6 Langkah penting menjadi Wirausahawan

Selain memiliki Pekerjaan tetap, orang selalu berusaha untuk memiliki usaha pribadi sebagai pemasukan tambahan. Beberapa orang menganggap berwirausaha sedikit manfaatnya. Padahal tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bekerja pada perusahaan atau pabrik. Namun, wirausaha menjadi jalan terbaik untuk orang yang memiliki keahlian dibidang usaha dan tentunya memiliki modal untuk memulai usaha. Tidak sedikit orang yang berfikir bahwa menjadi pedagang atau wirausahawan sangat beresiko tinggi (kerugian, bangkrut, dan sebagainya). Sedangkan menjadi seorang pekerja sangat kecil resiko yang akan dihadapi. Namun demikian, bekerja pada sebuah perusahaan atau pabrik memiliki resiko juga. dengan kata lai, kedua pekerjaan memiliki resiko yang tidak kecil. Menjadi wirausahawan jelas beresiko tinggi tetapi hal itu seimbang dengan yang akan diperoleh dari hasil berwirausaha yang mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat menggiurkan.
Berikut 6 langkah penting menjadi wirausaha:


1. Mempersiapkan Mental: Menjadi usahawan mesti memiliki mental berwirausaha yang sangat kuat, jangan berfikir tentang berapa keuntungan yang akan diperoleh lebih dulu, tetapi berfikirlah segala resiko yang akan kita hadapi. Siap menang siap kalah, siap untung atau siap rugi. Dalam berwirausaha juga memerlukan ketabahan yang sangat kuat, dalam beberapa kasus tidak semua wirausahawan mengalami kesuksesan, banyak pula yang mengalami kegagalan. Sebagian menjadi orang berfikir bahwa menjadi wirausahan mesti harus punya bakat. Itu benar tetapi tidak mutlak, banyak pula seorang pengusaha yang juga mempelajari dari nol bahkan banyak yang tidak memiliki bakat berwirausaha.

2. Kemauan kuat untuk Sukses ; Menjadi seorang wirausahawan wajib memiliki kemauan yang kuat dan pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan, jangan mudah menyerah, sebaiknya berkaca atau mencari referensi pada usahawan yang sukses dan berangkat dari nol.

3. Terus mencoba dan belajar
Menjadi seorang wirausahawan bukan berarti jauh dari ilmu, memiliki ilmu itu wajib termasuk bagi seroang wirausahawan. Kemauan untuk terus mengembangkan ilmu khususnya terkait dengan dunia wirausaha yang digelutinya akan sangat membantu kelancaran berwirausaha. Seorang wirausahawan harus punya kemauan kuat untuk belajar kepada orang lain dan banyak membaca buku maka itu akan membawa kita dalam sebuah kesuksesan. Sebagai mahasiswa anda jangan terpaku pada pelajaran yang Anda peroleh dikelas, tetapi juga belajar dari teman, dosen, bahkan menjadi seorang aktivis mahasiswa adalah proses belajar yang sangat efektif.

4. Mengeksplorasi Ide dan kreativitas
Albert enstein pernah menyatakan bahwa bukan ilmu yang mengakibatkan orang berhasil, tetapi ide dan imajinasi. menjadi seorang wirausahawan dituntut memiliki ide yang cemerlang dalam membangun usahanya. Barang yang sepele bahkan dianggap orang tidak berarti jika dibalut dengan ide dan kreativitas akan menghasilkan produk yang baik. Banyak sudah beberapa orang sukses membuat barang berharga dari sesuatu yang awalnya dianggap tidak bernilai.

5. Membangun komunikasi dan jaringan
Apabila anda adalah seorang yang memiliki banyak teman, maka hal itu akan menguntungkan anda, mengapa? Untuk memasarkan produk yang Anda juall baik jasa maupun barang Anda membutuhkan relasi usaha. Teman anda dapat menjadi rekan usaha yang potensial dalam membangun jaringan pemasaran usaha anda kelak. Jalinlah komunikasi yag efektif dengan siapapun. Terlbih jika Anda memiliki teman yang berasal dari luar daerah, maka Anda akan punya kesempatan untuk melebarkan sayap usaha Anda ke daerah-daerah kelak.

6. Modal usaha :
Moda merupakan hal yang sangat penting sebelum memulai usaha. Jika Anda merupakan pendatang baru dalam dunia wirausaha, maka jangnlah mengeluarkan dana dalam jumlah besar tetapi mulailah dari hal yang kecil anda kuasai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar