Mengembangkan usaha

Setiap usaha bisnis, baik pribadi, perusahaan besar, atau usaha dalam sebuah bisnis skala kecil, dapat mengikuti langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki diri. Pertama kita perlu memiliki visi atau gagasan tentag apa yang harus diperbaiki. Lalu ada langkah yang diikuti, termasuk pengukuran, pengorganisasian, mengurangi biaya dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

USAHA mengembangkan bisnis sarana untuk bergerak maju dari situasi sekarang. itu busa berarti untuk meningkatkan keuntungan, mengurangi kerugian, mendapatkan lebih banyak pelanggan, memperluas, pasar, menjadi terlihat di masyarakat, go public atau sejumlah barang lain yang dianggap diinginkan. keinginan memulai usaha sendiri sering muncul dibenak sebagian orang. Bisa mengerjakan sesuatu yang Anda sukai dan mengatur rite kerja sesuai keinginan memang menggiurkan. sedangkan bagi Anda yang telah menjalankan usaha, tentunya dapat bertahan menjalankan usaha merupakan tantangan tersendiri. Apalagi jika melihat mereka yang telah sukses dengan usahanya sendiri. Berikut ini adakah tips cerdas strategi bertahan dalam dunia usaha :

Tentukan brand dan Positioning produk
Brand dan positioning tersebut haruslah yang sesuai dengan target market dan dapat mewakili karakteristik dari barang yang diproduksi. Brand aksesori untuk remaja misalnya, tentunya harus dapat mewakili jiwa dan cita rasa remaja. Atau kita membuka outlet pulsa, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Tentukan lokasi penjualan
Lokasi penjualan ditentukan oleh lokasi calon pembeli. Calon pembeli harus mudah mencapai lokasi penjualan sehingga strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik.

Dekati calon pembeli
Bisa dengan mengikuti event semacam bazaar, membuat website, menyebarkan brosur, hingga membuat iklan di koran.

Mendapatkan lebih banyak pelanggan
Dengan memuaskan pelanggan Anda dengan produk-produk berkualitas tinggi dan layanan tambahan, Anda akan mendapatkan bisnis yang berulang dan arahan. Tentu saja, Anda harus memberikan harga kompetitif, dan mereka harus memiliki akses yang mudah ke produk Anda.

Buat penawaran menarik
Di bulan-bulan pertama sebaiknya dibuat beberapa penawaran yang dapat menarik minat calon pembeli untuk mencoba menggunakan produk. Ubah penawaran pada waktu tertentu sehingga posisi brand dan positioning kuat dibenak calon pembeli. Saat brand dan positioning produk sudah mulai dikenal, bukan berarti keadaan sudah aman. Justru saat inilah kondisi mulai berbahaya karena pesaing pun sudah mulai mengenal Anda. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Network
Perluas jaringan dengan membuka hubungan. Misalnya, dengan meminjamkan produk menjadi properti majalah, mensponsori event yang sesuai dengan segmen konsumen, atau membuka lokasi penjualan baru. dengan begitu, konsumen akan tambah mengenal produk Anda,

Mengembangkan usaha
Jika di awal Anda merintis usaha, segmentasi target market Anda adalah remaja, Anda boleh saja merambah ke segmen wanita dewasa. Selama jenis usaha dan jenis produknya tidak jauh berbeda. Anda tingga menyesuaikan strategi marketing yang sudah ada.

Kuatkan hati
Kerja keras dan pantang menyerah. menjalankan usaha sendiri tentunya cukup melelahkan, menyita waktu dan pikiran. Sementara orang lain, memperoleh penghasilan tetap setiap bulannya, Anda harus memikirkan berbagai pengeluaran. Inilah seni dari menjalankan usaha sendiri. Kuatkan hati, kerja keras dan pantang menyerah

Nama Brand usaha
Last but no least, jangan pernah memilih nama brand yang sama persis dengan nama brand lain yang telah ada.

Mengukur dimana Anda berada
Meskipun Anda bisa mendapatkan "firasat" bahwa bisnis Anda adalah memperbaiki, satu-satunya cara untuk memverifikasinya adalah dengan beberapa cara pengukuran yang valid. Hal ini dilakukan baik sebelum maupun setelah beberapa upaya peningkatan.

Mengatur operasi
Dengan mengorganisir atau re-organiasasi dan proses operasi Anda, Anda dapat membuat bisnis Anda mesin yang lebih efektif. Ini termasuk menentukan tujuan, Perencanaan.

Mengurangi biaya
Dengan menggunakan Total Quality Management metode dan alat, serta konsep-konssep serupa lainnya, Anda dapat mengurangi bahan yang terbuang, usaha, dan waktu dalam membuat, menjual dan memberikan produk Anda. Hasilnya adalah perbaikan dalam alur dasar perusahaan dan peningkatan keunggulan kompetitif

Ukur lagi
Ukur lgi untuk memverifikasi perbaik pengembangan usaha bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar