Berdagang di era pasar bebas


Tidaklah mudah bagi sebuah badan usaha untuk mencapai kata sukses. Ini karena sukses tidak semata-mata diukur dengan tingginya angka penjualan. Majalh Fortune, Misalnya, memberikan delapan kunci atribut untuk mengukur kinerja badan usaha:
1. Inovasi yang dilakukan oleh badan usaha;
2. Kualitas pengelolaan bisnis
3. nilai investasi jangka panjang
4. Tanggung jawab badan usaha terhadap lingkungan
5. Kemampuan badan usaha dalam merekrut, mengembangkan dan mempertahankan tenaga ahli
6. Kualitas barang dan atau jasa yang dihasilkan
7. keadaan keuangan
8. Bagaimana menggunakan aset perusahaan

Dengan makin ketatnya persaingan di pasar, pengusaha harus memikirkan cara mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Apalagi bila penjualan di dalam negeri mulai lambat atau jenuh. Pengembangan bisnis di luar negeri adalah hal yang menarik karena tersedianya pangsa pasar yang luas di luar sana.
Agar sukses dalam persaingan global, seorang pengusaha harus paham akan:

1. Perbedaan Sosial dan Budaya
Kepekaan atas kondisi sosial dan budaya akan membantu keberhasilan bisnis. Whirpool, produsen mesin cuci dari Amerika Serikat, membedakan produk mesin cucui untuk negara Eropa Skandinavis dan Italia. Orang Skandinavia menyukai mesin cuci yang memiliki alat pengering. Orang italia, sebaliknya, tidak membutuhkan mesin cucui dengan alat pengering. Mereka lebih suka menjemur pakaian di alam terbuka.

2. Perbedaan Ekonomi
Ketika memasarkan barang, pengusaha harus melihat kondisi ekonomi negara tersebut. Kemampuan masyarakat negara maju untuk membeli barang lebih baik dibandingkan kemampuan negara misiki. Karenanya menjual mobil sport di negara maju relatif lebih mudah dibandingkan dengan di negara miskin.

3. Perbedaan Politik dan Hukum
Beda negara, beda pula peraturannya. Hukum Brazil mewajibkan pengusaha asing untuk membeli seebagian kebutuhan dari distributor lokal. Indonesia melarang perusahaan asing menciptakan jalur distribusi sendiri sehingga mereka harus bekerja sama dengan distributor lokal.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar