Teknik Vokal

Dalam membawakan suatu lagu hendaknya kita lakukan seperti yang diinginkan penciptanya. Untuk itu, dalam menyanyikan suatu lagu kita perlu menguasai teknik vokal yang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik vokal, yaitu intonasi, artikulasi, pernapasan dan pembawaan.

1. Intonasi
Suatu lagu harus dinyanyikan/dimainkan dengan intonasi yang tepat, yakni dengan pitch yang tepat. Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang jernih serta enak didengar. Untuk membentuk intonasi yang baik diperlukan pendengaran yang baik pula untuk membantu menghasilkan nada yang jernih dan pitch, kontrol pernapasan terutama untuk dapat mencapai nada tinggi nada rendah secara optimal. untuk mendapatkan intonasi yang baik cobalah nyanyikan latihan nada-nada dibawah ini:
a. Lakukan latihan dengan tempo lambat, kemudian secara bertahap meningkat kecepatannya.
b. Lakukan latihan dengan teknik humming bergumam
c. Penggunaan syair yopel (tanpa makna) untuk sekedar melatih vokalisasi
d. Iringi latihan dengan alat musik harmonis untuk membantu melatih pendengaran.

2. Artikulasi

Artikulasi berarti kejelasan nada dan kata-kata. Artikulasi merupakan teknik memproduksi yang baik dan pengucapannya dengan jelas, nyaring, dan merdu. Syair lagu harus diucapkan dengan lafal dan jelas. Pembentukan lafal syair dipengaruhi oleh alat-alat ucap(rongga hidung, langit-langut, lidah, bibir, dan gigi.
Pembentukan suara dipengaruhi oleh paru-paru, sekat rongga badan, pharinx (batang tenggorokan), rongga mulut, rongga hidung dan pita suara.

3. Pernapasan
Pernapasan adalah keluar masuknya udara melalui paru-paru. Teknik pernapasan dibagi menjadi tiga : a. Pernapasan dada, b. Pernapasan perut, C. pernapasan diafragma
Namun dari ketiga teknik pernapasan diatas, yang paling baik untuk menyanyi adalah pernapasan diafragma.

4. Pembawaan
Penyanyi/vokalis yang baik hendaknya dapat membawakan lagu sesuai dengan isi dan jiwa yang diinginkan oleh penciptanya. Ia hendaknya dapat meleburkan perasaannya kedalam lagu yang ia bawakan. Keberhasilan seorang penyanyi dalam mengungkapkan isi suatu lagu tergantung pada ketepatan interpretasi atau penafsiran tentang maksud atau tujuan yang melatarbelakangi penciptaan lagu tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar