Utopia, Album baru gitaris baru.

Utopia akhirnya mendapat titik terang mengani nasib perilisan album terbarunya. Jika tak ada kendala, September 2011 mendatang, karya-karya musik terbaru olahan band pop rock asal Bandung ini siap diluncurkan label Forte/Aquarius. Album itu juga menandai kontribusi resmi pertama Mplay, gitaris barunya.



Sebenarnya, rencana awal Utopia yang pertama kali melesat popularitasnya berkat lagu "Antara Ada dan Tiada" ini adalah merilis album mini, tak lama setelah melepas single "Mencintaimu sampai Mati" tahun lalu. Bahkan konon, menurut para personelnya, Pia Fellini (vokal/gitar), Mplay (gitar), Indra (Bass), Dan Tommy (Dram), persiapan perilisan album mini tersebut sudah rampung. Tapi pihak label ternyata punya rencana lain. Perilisan album mini tersebut ditangguhkan, dan lantas berkembang menjadi album penuh. Akhirnya, Pia dkk kembali menyiapkan lagu-lagu tambahan untuk kebutuhan itu. Dan sambil menjalani persiapannya, Utopia lalu merilis single baru yang bertajuk "Yang lalu biarlah berlalu" sebagai pemansaan menuju jadwal perilisan resmi album penuhnya.

Dirilis single "yang lalu biarlah berlalu" juga menandai kontribusi awal Mplay, gitaris baru yang direkrut untuk menggantikan Dodo yang hengkang setelah perilisan single "Mencintaimu sampai mati". Mplay sendiri bukan orang baru ditubuh Utopia. Karena sejak 2007, ia tadinya sudah dibebankan tugas sebagai gitaris additional saat Utopia manggung. Bahkan, rencana awalnya, Mplay direkrut karena adanya pergeseran konsep di Utopia. para personelnya ingin menerapkan format dua gitar elektrik untuk rekaman dan panggung. Namun sayang, ditengah jalan , Dodo malah mengundurkan diri.
Mplay sendiri juga sudah kenal cukup lama dengan para personel Utopia, karena sering sepanggung saat ia masih tergabung di band rock Rebek. Bahkan di album "Indah" (2007), Mplay ikut terlibat di proses rekaman sebagai asisten Noey, produser album tersebut.

Single "yang lalu biarlah berlalu" sendiri yang sebenarnya masih menyisakan sedikit permainan gitar Dodo menjadi awal keterlibatan Mplay secara penuh. Ia menerapkan konsep yang sedikitberbeda dari karakter Utopia yang dikenal selama ini.

Di lagu ini, Mplay yang antara lain mengidolai permainan gitar Dave Navarro dan Joe Satriani ini memainkan gitar ber pickup jenis single-coil, menggabungkan gitar jenis Stratocaster dan Telecaster. Tapi untuk lagu-lagu lainnya, Mplay juga memainkan gitar MusicMan Axis dan Ibanez Cyber yang dihubungkan ke ampli Carvin Legacy.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar